10 Makanan Sehat Untuk Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Nah, makanan apa saja yang bisa bikin jantung kita lebih sehat

1. Kedelai

Protein dalam kedelai mengandung serat, vitamin, dan mineral yang merupakan kandungan nutrisi sehat untuk jantung. Diet yang kaya protein kedelai bisa menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardio vascular dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat

2. Bayam

Bayam mengandung berbagai vitamin B, C, E, zat besi, kalium, dan juga berbagai mineral termasuk betaine yang berguna untuk kesehatan jantung .

3. Ikan Salmon

Penelitian menunjukkan bahwa ikan salmon dapat mengurangi tekanan darah dengan efektif dan menjaga kelancaran aliran darah. Dua porsi ikan salmon dalam seminggu dapat mengurangi resiko kamatian akobat serangan jantung hingga 30%.

4. Kacang-kacangan

Kacang hazel, Kenari, Macademia, dan Mede sangat kaya dengan omega 3 serta lemak tak jenuh ganda – dan tunggal.

5. Alpukat

Jenis lemak yang dikandung alpukat termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah di cerna dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemak ini memberikan energi yang cukup tinggi dan ampuh untuk menjauhkan tubuh sobat dari kolestrolburuk serta meningkatkan kadar kolestrol yang baik bagi tubuh

6. Coklat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Henrich-Heine, Jerman. Kandungan epicathecin flavonol yang berada dalam coklat terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

7. Aneka buah Berry

Semua jenis Berry sepert blackberry, raspberry ataupun stroberry sangat bagus untuk kesehatan. Buah- buah jenis berry mengandung anti inflammatory yang kuat serta mempunyai kandungan kalori yang rendah . Mengkonsumsi salah satu atau ahkan ketiga jenis buah berry di yakini dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung dan kanker.

8. Lamtoro(Petai China)

Penelitiam dari para ahli menunjukkan bahwa lamtoro kaya akan kandungan omega-3 dan omega-6 yang tnggi. Sejumput lamtoro yang di campur dalam masakan sehari-hari sobat akan menimbulkan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung jangka panjang.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ampuh menurunkan LDL ( Low Density Lipoprotein) dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung

10. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang sangat baik. Karena mengandung omega-3, folate, dan kalsium.selain itu Oat juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti Protein, potassium, magnesium dan berbagai mineral lainnya seperti phytonutrient yang mengandung anti oksidan.